PT. Ganesha Environmental & Energy Services (PT.GEES)

(BPUDL Institut Teknologi Bandung)

EES

Kelas Online – Sistem Thinking

Ecoedu.id memberikan program kelas online gratis yang dapat membantu melatih sistem thinking dan sistem dinamik untuk anak sejak dini. Metode belajar EcoEdu.id mengoptimalkan cara kerja otak dan hormon dipadukan dengan cara berfikir kritis dan sistematis.

Systems Thinking: pendekatan memahami masalah kompleks dengan menekankan pada hubungan antar elemen yang ada pada suatu sistem. Systems thinking melihat sistem melalui keterkaitan dalam perspektif yang lebih luas. Otak dan hormon akan bekerja sama untuk memperoleh pengalaman yang menyenangkan.

 

  • Otak lebih mudah menerima pengetahuan dalam bentuk cerita yang tervisualisasi dan saling berkaitan.
  • Cerita yang runut dan saling terkait akan membuat otak bekerja maksimal dan tahan dalam durasi panjang.
  • Emosi dan kesan mendalam akan memperkuat sinyal otak.
  • Hormon dopamin adalah hormon yang menimbulkan efek puas pada otak.
  • Hormon oksitoksin sering disebut sebagai hormon cinta dan kasih sayang.
  • Hormon serotonin adalah hormon yang mengatur keseimbangan mood dan membuat kita bisa berpikir dengan logika.
  • Hormon adrenalin menentukan respon terhadap situasi yang menegangkan, jika teratasi akan menghasilkan hormon dopamine (rasa puas).

Bagaimana otak dan hormon dapat mencatat memori? dan Bagaimana otak dan hormon dapat mencatat memori jangka panjang? Dapatkan materi system thinking pada tautan berikut secara gratis:

Tutorial Instalasi Vensim

Ecoedu.id memperkenalkan software yang dapat membantu system thinking dengan menggunakan software Vensim, ingin tahu lebih jauh tentang penggunaan Vensim? mari simak video berikut untuk mengetahui cara menginstal software Vensim.

Pengantar Sistem Dinamik

Penggunaan Software Sistem Dinamik Vensim, dapat memecahkan masalah yang sederhana sampai dengan masalah yang rumit, namun sebelum menerapkan System Thinking mari cari tahu lebih dahulu apa yang dimaksud dengan sistem dinamik, teman-teman bisa mengetahui penjelasan sistem dinamik dengan meenonton video pengantar sistem dinamik, Ecoedu.id memberikan kelas online yang dapat diikuti oleh umum dengan materi pengantar yang terbagi menjadi 3 video. berikut video yang dapat teman-teman simak dan pahami sebelum menerapkan sistem dinamik dalam kehidupan sehar-hari.

Praktikum Sistem Dinamik Menggunakan Vensim

Setelah teman-teman menyimak video pengantar sistem dinamik yang dapat menjawab apa itu sistem dinamik dan bagaimana perannya di kehidupan sehari-hari, teman-teman bisa mulai mencoba membuat causal loop diagram dan model sistem dinamik menggunakan software Vensim dimulai dari studi kasus sederhana sampai dengan studi kasus yang mendalam seperti pada video berikut ini.

Setelah teman-teman belajar dan mengetahui System Thinking beserta contoh dan alat bantunya berupa software Vensim, sekarang waktunya teman-teman menerapkan System Thinking di kehidupan sehari-hari, dimulai dari kegiatan sederhana yang dilakukan oleh teman-teman semua. Teman-teman yang ingin mengikuti kelas online dan berdiskusi bisa bergabung di whatsapp grup System Thinking Ecoedu.id pada tautan berikut:

Pertek Emisi Udara merupakan persetujuan teknis yang
harus dimiliki oleh usaha yang menghasilkan emisi udara
yang dilepas ke atmosfer. Penyusunan Pertek Emisi mengacu pada
PermenLHK No. 22 tahun 2021 dan PermenLHK 5 tahun 2021 

Pelatihan ini mengkaji secara komperhensif mengenai regulasi pengelolaan limbah
B3, pengelolaan limbah B3, identifikasi sistem tanggap darurat limbah B3, sistem dokumentasi limbah B3, dan memahami cara penanggulangan pencemaran dan pemulihan lingkungan hidup, mempersiapkan serta menyusun dokumen Pertek Limbah B3.

Pada pelatihan pemodelan kualitas udara menggunakan AermodCalpuffHysplit, peserta akan lebih memahami
bahwa dalam penggambaran proses pencemaran udara akan membutuhkan semua komponen/variabel pembentuknya lalu dengan menggunakan representasi logika dan matematika akan didapat pemodelan dari kualitas udara.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan ilmu dan wawasan tentang menyusun dokumen KLHS dan RPPLH yang ideal dan komprehensif.
Melalui pelatihan ini peserta akan belajar dari mulai tata cara menyusun KLHS dan RPPLH sampai dengan analisis data dan metode yang
digunakan.