Webinar Pengolahan Air Limbah – Aspek Teknis

Kebutuhan air bersih, dan PDAM belum merata dan memadai seluruh nya di Indonesia. Banyak masyarakat yang harus memenuhi kebutuhan air dengan cara menadah air hujan. Maka, dari itu dibutuhkan lah pengolahan air tanah.

Air tanah sendiri merupakan bagian dari air yang berada pada lapisan di bawah permukaan tanah. Pengolahan air ini, tentunya sangat penting karena dalam kehidupan masyarakat, air bersih akan selalu diperlukan.

Kebutuhan air bersih yang disediakan oleh PDAM sendiri belum sepenuhnya memadai dan merata di wilayah Indonesia. karena itu, banyak dari masyarakat yang harus memenuhi kebutuhan air-nya secara mandiri dengan yang disebutkan sebelumnya. Yaitu, dengan cara menadah air hujan , bahkan air tanah itu sendiri.

Penggunaan secara bebas ini lah, yang tentunya akan memerlukan pengolahan air dengna memikirkan bagaimana caranya agar perubahan air tahan ketika melakukan pengambilan tidak akan berpengaruh terhadap perubahan tatalahan diatasnya.

Pengolahan air tanah, yang baik dan benar akan memberikan dampak positif kedepannya baik secara teknis maupun finansial. Secara teknisnya, pengolahan air tanah yang baik ini, akan mempermudah pengendalian dalam proses eksploitasi air tanah. Disisi lain, penataan eksploitasi air tanah ini akan memudahkan dalam proses pengendalian tata ruang.

Secara finansial, tentunya pengolahan air tanah yang baik akan membuat kelimabahan air tanah yang lebih baik, lebih sustainable, yang kedepannya akan menyebabkan pajak air tanah itu sendiri dan membantu meningkatkan pendapatan daerah

Untuk materi lebih jelasnya, dapat ditonton melalui video berikut

Pemateri : Prof. Tjandra Setiadi

Terkait pemasalahan pengoalahan air limbah, secara detail dapat mengikuti pelatihan Aspek Teknis Pengolahan Air Limbah yang diadakan oleh EcoEdu.id. Dimana, dalam pelatihan ini akan dijelaskan mengenai air tanah itu sendiri dan tentunya mengenai sumber daya air berkelanjutan.

 

Untuk informasi pelatihan, silahkan melalui tombol berikut

Bagikan Melalui :

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on email
Email