Pelatihan Pemodelan Kualitas Udara

Apa itu Pelatihan Pemodelan Kualitas Udara?

Sadarkah Sahabat Lingkungan, kalau lingkungan dan udara yang bersih adalah hak setiap manusia?

Pemerintah Indonesia telah mengatur kebijakan terkait dengan lingkungan termasuk lingkungan udara di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021.

Didalamnya diatur dari mulai pengertian udara ambien (udara bebas), mutu udara, hingga penjelasan tentang pencemaran udara.

Untuk menjamin dan mengelola kualitas udara, dibutuhkan perencanaan strategi pengendalian dan pengembangan udara.

Pemodelan merupakan salah satu bagian dari strategi tersebut.

Pemodelan udara adalah alat untuk menganalisis dan menginterpretasi hasil inventarisasi emisi dan pemantauan kualitas udara.


Pemodelan kualitas udara memanfaatkan data, kemudian menganalisisnya menjadi sebuah data yang lengkap dan terus-menerus.

Data-data yang dihasilkan dari pemodelan tersebut dapat dipakai dalam: penyusunan regulasi (pembuatan AMDAL, penyusunan KLHS), proses pembuatan dan simulasi skenario kebijakan sebelum diimplementasikan, dll.

Pelatihan ini bermaksud untuk membantu Sobat Lingkungan dalam memahami pemodelan kualitas udara, di pelatihan ini kita akan belajar model AERMOD, CALPUFF, dan HYSPLIT.

Manfaat Pelatihan Pemodelan Kualitas Udara

Pemodelan kualitas udara memiliki manfaat dan peran yang besar dalam mewujudkan lingkungan hidup yang bersih dan sehat.

Selain sebagai bagian dari sebuah strategi lingkungan hidup. Pemodelan kualitas udara juga membantu dalam memberikan data yang faktual serta menyajikan analisis dan interpretasi dari data tersebut.

Sehingga pemodelan kualitas udara menjadi alternatif untuk upaya pemantauan kualitas udara yang lebih efektif, namun tetap representatif tanpa melakukan pemantauan secara intensif.

Pemodelan kualitas udara dapat digunakan dalam: mendesain alat pengendali pencemaran udara, proses penghitungan dampak kesehatan dari pencemaran udara, upaya prediksi konsentrasi pencemaran udara saat regulasi akan ditetapkan, dsb.

Bagikan Melalui :

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on email
Email